..<< = More Info = >>..

Monday, August 25, 2008

Pengelompokan Anjing berdasarkan Tipe

Agen Biang Parfum Jakarta
Berbicara mengenai penggolongan anjing memang beragam. Kenapa, sebab saat ini ratusan jenis anjing ada di muka bumi. Federasi Kinologi Internasional (FCI) yang bermarkas di Brussel (Jerman) menetapkan penggolongan anjing dilihat dari penampilan, fisik, sifat dan kegunaannya.
Sementara itu, sejumlah pakar anjing juga masih terus memperdebatkan penggolongan jenis anjing menurut kriteria mereka masing-masing. Pada abad pertengahan, penggolongan jenis anjing menetapkan 4 tipe anjing, yaitu wolf, mastif, hound dan greyhound.

Berbagai perdebatan mengenai penggolongan jenis anjing memang membuat khasanah dunia anjing makin menarik. Saat ini, bisa jadi penggolongan jenis anjing menurut sistem Inggris lah yang paling banyak diketahui orang. Tipe anjing menurut sistem ini adalah terrier, hound, gundog, utility, working dog dan toy.

1. Tipe Gundog
Stamina, daya tahan dan kekuatan anjing tipe ini sangat luar biasa. Meski begitu, anjing tipe ini tidak cocok digunbakan sebagai anjing penajaga. Semula kerap diguanakan sebagai teman berburu.
Contoh : Pointer, Weimaraner, Cocker Spaniel, Labrador Retriever, Aemerican Cocker Spaniel, Golden retriever, dll.

2. Tipe Hound
Ciri khas anjing tipe ini adalah berbulu pendek dengan ukuran tubuh sedang. Merupakan anjing pemburu dan penjaga yang bisa diandalkan. anjing tipe ini ada yang mempunyai ketajaman pada penciuman dan penglihatannya.
Contoh : Beagle, Basenji, Miniature Dachsund, Basset Hound, Saluki, Greyhpound, dll.

3. Tipe terrier
Bentuk kepala anjing tipe ini ramping, lonjong dan persegi empat. Disebut terrier karena suka menggali tanah. Ia memang semula kerap digunakan sebagai anjing pemburu binatang kecil. Meski begitu, anjing tipe ini terkenal sebagai pemberani. Umumnya, penamaan anjing tipe ini selalu diikuti dengan kata terrier seperti Bull terrier dll.

4. Tipe Toy
bentuk fisik anjing tipe ini umumnya kecil, unik, lucu dan patuh. Selain itu juga mudah bersahabat dengan manusia.
Contoh : Pomeranian, Chihuahua, Pekingese, Pug, Maltese, Miniature pinscher, dll.

5. Tipe Utility
Tipe anjing ini memiliki karakter patuh terhadap tuannya. Oleh karena itu, sesuai dengan nama tipenya, anjing tipe ini paling mudah dibiakkan untuk berbagai macam penggunaan.
Contoh : Bulldog, French Bulldog, Shih Tzu, Boston terrier, Chow-chow, Dalmatian, dll.

6. Tipe Working
Anjing tipe ini memiliki kelebihan dari semua kelompok anjing yang ada. Umumnya bertubuh besar, cenderung bersifat ganas dan berani mati. Anjing tipe ini juga sangat cerdas, setia dan patuh terhadap tuannya. Selain itu, stamina, kecepatan lari, indera penglihatan dan penciumannya sangat luar biasa. Oleh karena itu, tipe anjing ini sangat cocok digunakan sebagai penjaga.
Contoh : Siberian Husky, Dobermann, Great Dane, Rottweiler, Mastiff, St Bernard, Boxer, German Sheperd, dll.

Pengelompokan jenis-jenis anjing di atas merupakan salah satu pengelompokan yang ada. Masih banyak teori-teori lain mengenai pengelompokan anjing.

Adenium magic green dragon and sunshine
Adenium grafting flat technique
Bonsai style

Source : hewankita.com

No comments:

Digg!

Custom Search
R.Design: Charm Skins